Iskandar Dzulqarnain bukan Alexander The Great: Asal-usul dan Makna Nama Dzulqarnain ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Iskandar Dzulqarnain bukan Alexander The Great: Asal-usul dan Makna Nama Dzulqarnain

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.
em.wikipedia.org


Sebelum ini: Iskandar Dzulqarnain Bukan Alexander The Great

Tanah Kelahiran Dzulqarnain

Sebagian ulama tafsir mengatakan bahwa Dzulqarnain diberi nama atau gelar seperti ini karena dia telah sampai ke bagian timur dan barat dunia. Sementara itu, ada juga sebagaian ulama yang menyebut bahwa Dzulqarnain serupa dengan gelar para raja dinasti Hamir di Yaman, seperti gelar Dzu Yazin dan Dzu Nawwas.

Mengenai tanah kelahiran Dzulqarnain, belum ada seorang ulama pun yang mengetahui hal ini secara pasti. Mereka yang berasumsi bahwa gelar ini serupa dengan gelar raja-raja Hamir, secara inklusif berpendapat bahwa Dzulqarnain berasal dari Yaman. Sementara orang-orang yang mengatakan bahwa Dzulqarnain adalah Alexander or Macedonia, akan mengatakan bahwa Dzulqarnain berasal dari Yunani.

[Postingan-postingan selanjutnya dalam topik ini akan mengungkap bahwa pandangan kedua kelompok di atas tidak tepat] :)


Arti "Al-Qarnain" dari Sudut Bahasa

Dalam bahasa Arab, kata "al-Qarn" memiliki banyak pengertian, di antaranya:


  1. "Al-Qarn" berarti tulang kokoh yang berada di atas kepala binatang (tanduk), seperti lembu dan kambing. Bentuk jamak dari kata "al-Qarn" adalah "al-Qurûn".
  2. Kata "Al-Qarn" juga biasa dipakai untuk makna anyaman (kepang) rambut kepala. Ada orang yang mengepang rambutnya dengan beberapa kepang, ada juga orang yang hanya mengepang rambutnya dengan dua kepang. Orang yang memiliki dua kepang ini disebut "Dzul-Qarnain" (memiliki dua kepang). Lafaz "Al-Qarn" kadang juga digunakan untuk rambut yang diikat.
  3. Kata "Al-Qarn" juga digunakan untuk mengungkapkan puncak gunung. Ketajaman pedang juga bisa dikatakan "Al-Qarn". Ada juga istilah "Qarnusy-Syamsi" yang berarti ketajaman atau sengatan matahari.
  4. Kata "Al-Qarn" juga berarti seratus tahun (satu abad). Sementara setiap dua ratus tahun dikatakan dengan "Al-Qarnâni".
  5. Kata "Qarnai Al-Ardh" dimaknai dengan dua belahan bumi, maksudnya adalah belahan timur dan belahan barat.

Bisa jadi, Dzulqarnain mendapat gelar ini karena dia memiliki sifat yang sama dengan salah satu sifat di atas. Mungkin ia mengepang rambutnya dengan dua kepang sehingga dinamakan Dzulqarnain. Atau dia menggunakan gambar dua tanduk pada bendera dan kapal layarnya selama melakukan pengembaraan, seperti yang kerap dilakukan bangsa Mesir kuno. Dari berbagai asumsi ini, yang banyak disebutkan oleh ahli tafsir adalah sosok Dzulqarnain mengepang rambutnya dengan dua kepang sehingga tampak seperti dua tanduk.

[Kata "Mesir" yang saya beri tanda di atas adalah petunjuk akan ke mana arah pembicaraan postingan selanjutnya] B)

InsyaAllah bersambung ke Perjalanan Hidup Dzulqarnain. Stay tuned! :D


Iskandar Dzulqarnain bukan Alexander The Great: Asal-usul dan Makna Nama Dzulqarnain
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2012-10-16T11:24:00+07:00
Iskandar Dzulqarnain bukan Alexander The Great: Asal-usul dan Makna Nama Dzulqarnain
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags:
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

20 komentar:

Anonim mengatakan...

B-)

Unknown mengatakan...

ok ditunggu kelanjutannya kang MUXLIMO

MUX SPARROW mengatakan...

Siiaap...insyaAllah.. makasih, Mas Bro.. :)

underground404 mengatakan...

br tren Iskandar dzulqarnain bukan alexander the great yah kang, nice knowledgenya :))

Anonim mengatakan...

kemarin waktu mau brgkt ke kantor ada angkot nyalip di depan ane yang bertuliskan MUX. emang ga ada yg kebetulan kalo Allah ingin menunjukkan kepada ku bahwa ternyata kangmux sambilannya 'ngangkot' juga...https://lh5.googleusercontent.com/-DzpLpNVqjTg/UFV6-KbfXDI/AAAAAAAAFgE/SbWZJMcK1i4/h120/aww.gif

-Arbi-

Anonim mengatakan...

pake nyalip segala...uber setoran tapi jgn ugal2an dong kang..hihihihi

-Arbi-

MUX SPARROW mengatakan...

hehehe..iya nih, Bro.. ide postingnya udah lama cuman baru "musim"-nya sekarang.. :3:

MUX SPARROW mengatakan...

W-WOOOOTTT??!!! angkot bertuliskan nama keramatkuh?? http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/13.gif http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/13.gif http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/13.gif http://l.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/13.gif

:c: itu supir angkot mustinya bayar royalti ke anee!!!

MUX SPARROW mengatakan...

wkwkwkwkkw asli gabisa nahan ngakax!!
kalo gitu besok2 ane bakal suruh tu angkot gak nyalip lagi deh.. tapi suruh serempet aja ampe baret dikit kali ya.. :] :3:

Anonim mengatakan...

Wah...untung ane udah di suntik tetanus waktu kelas 6 SD. masalahnya tuh angkot udah tua, karatan pula. (yang bagus dari tuh angkot cuma tulisan MUX aja sih..ehemm..)kalo nyrempet setidaknya tidak akan berujung tetanus. hihihihi... senggol dikit ah...http://3.bp.blogspot.com/-w0VIh_82phc/TwuhZFMYF-I/AAAAAAAACBI/i_faZv8BSBk/s1600/geol-ngarep.gif

-Arbi-

MUX SPARROW mengatakan...

*senggol-bacok! :24: :3:

obat tradisional syaraf kejepit mengatakan...

ceritanya menarik . ditunggu kelanjutannya kang

akhmad s mengatakan...

mantap gan sharingnya. ijin menyimak :)

Iska mengatakan...

kug sama kayak namaku :D

Unknown mengatakan...

iya, beda nasib tapinya..hihihi https://lh4.googleusercontent.com/-H8NRRzDoCDk/UFV68_Nf_1I/AAAAAAAAFf4/WRa30gomfoA/s128/api-api-moday.gif

MUX SPARROW mengatakan...

siaap..insyaAllah, Mas.. :)

MUX SPARROW mengatakan...

Silakan, Mas Akhmad.. mumpung masih gratis.. :3: bcanda ah.. :D

MUX SPARROW mengatakan...

@Iskandar: itu dia.. kemaren baca namamu, ane jadi inget rencana lama postingan soal inih, Bro..hehehe :D

@Bang Ardi: komentar iseeenngggg :}}

Anonim mengatakan...

Assalaamu'alaikum wr.wb, mas Muxlimo yang dirahmati Allah swt.

Alhamdulilah, kelihatan mas sudah kembali aktif menulis dan banyak sudah postingannya sehingga saya ketinggalan untuk mengikutinya lantaran sibuk dengan tugas.

Maaf kalau jarang menoreh ke sini, capaian internet saya terasa sangat berat membuka blog mas ini sedangkan blog Kaze pula terasa ringannya. Saya lihat, bloga kalian berdua tidak ada bedanya lho.

Atau kerana tulisan mas ini berat-berat, maka sukar untuk dimasuki kecuali oleh orang yang berat badannya, berat juga. Hehhee... bercanda aja mas. Mudahan selalu ceria. :D

Kisah Iskandar Dzulqarnain sudah termaktub jelas dalam al-Quran bahawa beliau adalah hamba Allah yang beriman dengan agama Allah serta diberi banyak kelebihan dalam menangani masalah manusia selalin membimbing mereka menuju agama tauhid.

Tidak banyak yang mengetahui sejarah Iskandar Dzulkarnain secara menyeluruh termasuk saya. Saya hanya membaca melalui al-Quran sahaja dan mempercayai wujudnya sehingga ada yang menyamakannya dengan Alexandra The Great.

Mahu nanya mas, bukankah Alexander The Great itu sezaman dengan Pahlawan Islam bernama Salehuddin al-Ayubi ? Mohon penjelasan ya kerana ada membaca tentang hal ini. Benar atau tidak saya kurang pasti.

Semoga selalu ceria dan sihat untuk berbagi ilmu di dunia ini. Aamiin.

Salam mesra dan hormat dari saya.

Siti Fatimah Ahmad
Sarikei, Sarawak


MUX LIMO mengatakan...

Alaikumsalam wa rahmatullahi wa barakatuh, Mbak Fatimah yang dikaruniai Allah kelembutan sejati kaum hawa..

Ah..kebetulan saja belakangan ini mood saya sedang bagus untuk menulis, Mbak ..hehehe.. oya, blog ini masih berat ya?? :2: padahal ini template paling cepat loading di antara (puluhan :3:) template yang saya coba sebelumnya lo, Mbak.. mudah2an ke depannya mulai terasa fastloadnya ya, Mbak.. :D

Oya, Mbak.. sebenarnya Alexander The Great itu hidup di masa sebelum kedatangan Nabi Isa a.s. jadi jarak masanya jauh dengan Salahuddin al-Ayyubi Sang Penakluk Yerusalem ketika Perang Salib itu, Mbak.. :20: insyaAllah demikian, Mbak. :)

Salam takzim selalu dari Bandung-Pontianak untuk Mbak Fatimah dan keluarga di Sarikei ya.. :25:

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism