Makhluk Bersayap-Makhluk Cahaya ~ Pusaka Madinah

burnzone

AD (728x60)

Makhluk Bersayap-Makhluk Cahaya

"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]

Performa dan tampilan terbaik laman ini pada peramban Microsoft Edge. Khusus pengguna perangkat mobile: Apabila ada artikel yang tampilannya terpotong, silakan baca dalam mode landscape. Apabila masih terpotong, artinya artikel tersebut hanya nyaman dibaca via laptop atau PC.
landscape mode.
sekadar illustrasi




Salam sobat,
Pada kesempatan ini dengan senang hati saya sajikan ke hadapan Sobat sekalian sebuah kategori baru di Sarang Muxlimo, yaitu kategori Makhluk-Makhluk Cahaya

Kebanyakan manusia di belahan Timur seperti kita, umumnya tertarik dengan yang gaib-gaib, yang popular di masyarakat adalah makhluk dan alam jin. Sedikit sekali keingintahuan dan pengetahuan kita mengenai makhluk gaib Allah lainnya, yaitu para malaikat a.s. Makhluk-makhluk beriman yang justru amat berperan penting dalam kehidupan manusia di bumi. 

Btw, saya ucapkan terima kasih kepada Mas Agung Prasetyo atas saran beliau yang telah menginspirasi saya untuk membuka kategori ini. Semoga Allah ﷻ merahmati Mas Agung beserta keluarga dengan karunia tanpa batas. Amin. 
Informasi yang terkumpul dalam kategori ini merupakan saji ulang dari buku yang berjudul Al-Haba'ik fi Akhbar al-Mala'ik yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai Misteri Makhluk Bersayap: Menjelajah Alam Malaikat oleh Imam al-Hafizh Jalaluddin as-Suyuthi, diterbitkan pada Agustus 2008 oleh penerbit Pustaka Hidayah, Bandung. Adapun sumber informasi detail mengenai para malaikat a.s. ini beliau kumpulkan dari segenap hadis yang  bertopik para kekasih Allah ini.







Kekurangan yang ada di forum ini dibandingkan bila Sobat memiliki bukunya sendiri adalah kelengkapan informasinya mengingat yang saya saji ulang di sini adalah bagian-bagian pentingnya saja. Adapun kelebihan forum ini, kita dapat bermuzakarah; berbagi pengetahuan dan tanggapan mengenainya.

Uraian berseri tentang para malaikat ini nantinya akan saya mulai dari malaikat-malaikat yang jarang diketahui oleh khalayak umum, baru kemudian berpuncak pada para malaikat utama yang kesemuanya mengasihi dan dikasihi Allah ﷻ. 
Baiklah Sobat sekalian, ini waktunya kita lakukan kick off. hehehehe...
  • Permulaan Penciptaan Malaikat dan Bukti bahwa Mereka adalah Tubuh, Tidak Seperti Pendapat Para filsuf.
Rasulullah ﷺ bersabda, "Malaikat diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang disifatkan kepada kalian." (Diriwayatkan oleh Muslim dari A'isyah)

"Allah menciptakan malaikat dari cahaya kemuliaan." (Diriwayatkan oleh Abu asy-Syaikh dari Ikrimah)

"Telah sampai kepadanya bahwa malaikat diciptakan dari ruh Allah." (Diriwayatkan oleh Abu asy-Syaikh dari Yazid bin Raumah)
  • Malaikat itu Jumlahnya Banyak Sekali
Allah ﷻ berfirman:
Tidak ada yang mengetahui tentara-tentara Tuhanmu melainkan Dia sendiri. (Q.S. 74:31)

"Allah  menciptakan malaikat dari cahaya dan meniupkan ke dalamnya, lalu Dia berfirman, 'Jadilah setiap seribu dari kalian dua ribu!"

"Sesungguhnya dari malaikat itu ada bentuk yang lebih kecil daripada lalat, dan tidak ada sesuatu pun yang lebih banyak daripada malaikat." (Diriwayatkan oleh al-Bazzar, Abu asy-Syaikh, dan Ibn Mundah dalam Kitab Ar-Radd 'ala al-Jahmiyyah, dari Ibn 'Amru.  

"Sesungguhnya di langit benar-benar ada langit yang tidak ada tempat sejengkal pun di dalamnya, kecuali di atasnya ada kening seorang malaikat atau kedua kakinya, lalu dia membaca firman Allah:"Dan sesunguhnya kami (malaikat) benar-benar bershaf-shaf (dalam menunaikan perintah Allah)." (Diriwayatkan oleh al-Baihaqi dalam asy-Syua'ab dari Ibn Mas'ud) 

Rasulullah ﷺ bersabda, "Sesungguhnya dunia, tidak ada tempat sepanjang kaki pun kecuali ada malaikat yang bersujud atau berdiri padanya. Itulah firman-Nya, "Tiada seorangpun di antara kami [malaikat] melainkan mempunyai kedudukan yang tertentu, dan sesungguhnya Kami benar-benar bershaf-shaf [dalam menunaikan perintah Allah]. (Q.S. As-Saaffat:164-165)

"Sesungguhnya di langit yang tujuh diisi oleh para malaikat yang bila sepotong rambutnya diukur tidaklah akan terukur. Di antara mereka ada yang duduk, ruku' dan sujud, yang menggigil ketakutan dan bergoyang semua sayapnya karena takut kepada Alah serta tidak mendurhakai-Nya sekejap mata pun." (Diriwayatkan oleh Abu asy-Syaikh dari Wahb)

Musa a.s. bertanya, "Wahai Tuhanku, siapakah yang bersama-Mu di langit?" Allah menjawab, "Para malaikat-Ku." Musa bertanya lagi, "Wahai Tuhanku, berapakah jumlah mereka?" Allah menjawab,"Dua belas suku." Musa bertanya lagi,"dan berapakah jumlah setiap suku?" Allah menjawab,"Sejumlah debu." (Diriwayatkan oleh Abu asy-Syaikh dari al-Auza'i)

Nah, gimana para Sobat, kira-kira sudah ada gambaran 'kan mengenai para makhluk cahaya ini?! 
Rupanya, mereka itu 
  1. terbuat dari cahaya, 
  2. bersayap,
  3. memenuhi setiap jengkal langit,
  4. ada yang bentuknya lebih kecil daripada lalat, dan
  5. bersuku-suku pula seperti masyarakat jin dan manusia. 
Baiklah, sebagai pembuka kategori ini, saya cukupkan dulu ya... mulai ngantuk sih...hehehehe. InsyaAlah, selanjutnya kita akan bahas tentang malaikat yang bertugas menghibur para mukmin, namanya Artyail. Penasaran?? so, keep in touch, beybeh.. 

Makhluk Bersayap-Makhluk Cahaya
Adam Troy Effendy
By Pusaka Madinah
Published: 2010-11-07T22:14:00+07:00
Makhluk Bersayap-Makhluk Cahaya
5 411 reviews
Buku ISuS

Buku Ilmu Sedikit untuk Segala²nya

Sudah terbit buku untuk memudahkan Ikhwan/Akhwat memahami kajian tauhid hakiki yang termuat di situs ini secara lebih tersusun dari anak tangga pemahaman Islam yang paling dasar. Ikhwan yang berminat memiliki buku ini dapat menghubungi penerbitnya langsung di www.midaslearning.co.id

  • Untuk mengetahui seluk-beluk buku lebih komprehensif, lengkap dengan uraian per bab dan video garis besar kajian buku, silakan kunjungi landing page rekanan resmi kami di: www.bukutauhidhakiki.com
  • Untuk memesan buku dari rekanan resmi yang terdekat dengan kota Ikhwan/Akhwat, silakan kunjungi tautan ini: "Kami di Kota Anda".
"Sampaikan dariku walau satu ayat." [H.R. Bukhari]
Tags:
admin Pusaka Madinah

Pusaka Madinah adalah sebutan untuk ilmu, amal, dan muanayah tauhid hakiki yang menjelaskan sinergi syariat, tarikat, hakikat, dan makrifat dari kalangan khawwasul khawwas yang disampaikan oleh Mursyid, K.H. Undang bin K.H. Sirad bin K.H. Yahya dengan sanad aly sebagai berikut: (1) Nabi Muhammad Rasulullah Saw., (2) Nabi Khidir a.s., (3) Abdul Aziz ad-Dabarq, (4) Abdul Wahab at-Tazi, (5) Ahmad bin Idris, (6) Muhammad Sanusi, (7) Muhammad Mahdi, dan (8) Muhammad Idris.

 

Barangsiapa menghendaki kebaikan bagi dirinya, niscaya dia mengambil jalan kepada Tuhannya. (Q.S. Al-Insan:29)

Copyright © Pusaka Madinah| Peta Situs | Designed by Templateism